ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER

              Saya menulis blog ini guna untuk memenuhi tugas pertama di Mata Kuliah Organisasi & Arsitektur Komputer. Selain itu semoga apa yang saya sampaikan di Blog ini bisa bermanfaat bagi si pembaca, Selamat membaca Blog saya...........
A. Definisi Organisasi dan Arsitektur Komputer

     1. Arsitektur Komputer yaitu mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware,assembler, kernel, sistem operasi dan perangkat lunak aplikasinya, Contoh: set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

  2. Organisasi Komputer yaitu mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasionalnya dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan berhubungan antar komponen-komponen sistem komputer.Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori dan sinyal-sinyal kontrol..

Jadi Perbedaan Utama pada keduanya adalah:
  • Organisasi Komputer 
                 Bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional
                 Contoh: Teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem         
                               memori dan sinyal-sinyal kontrol. 
  • Arsitektur Komputer 
                 Atribut-atribut komputer yang terkait dengan seorang programmer
                 Contoh : Set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan,
                                mekanisme I/O.

B. Evolusi dan Kinerja Komputer
1.                  Sejarah Singkat Komputer

a.             Generasi Pertama : Tabung Vakum (1945 - 1955) ENIAC

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), pada tahun 1946  dirancang dan dibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. ENIAC dibuat di bawah lembaga Army’s Ballistics Research Laboratory (BRL). Sebuah badan yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan tabel lintasan peluru kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukan oleh kurang lebih 200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama.
ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari  18.000  tabung  vakum.  Daya  listrik  yang  dibutuhkan  sebesar   140  KW.  Kecepatan  operasi mencapai        5.000  operasi  penambahan  per  detik.  ENIAC  masih  merupakan  mesin  desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetiknya dibuat dalam bentuk desimal. Memorinya  terdiri  atas 20  akumulator,  yang  masing -  masing  akumulatornya  mampu menampung 10 digit desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas 10 buah tabung  vakum.  Kekurangan  utama  mesin  ini  adalah  masih  manual  pemrogramannya,  yaitu dengan menyetel switch  - switch, memasang dan menanggalkan kabel  - kabelnya. ENIAC selesai pada tahun 1946 sejak proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer elektronik. 

b.                 Generasi Kedua : Transistor (1955 - 1965) 

Semenjak  pesatnya  teknologi  semikonduktor  hingga  menghasilkan  komponen  transistor membawa perubahan besar pada dunia komputer. Komputer era ini tidak lagi menggunakan tabung  vakum  yang  memerlukan  daya  operasional  besar,  tabung -  tabung  itu  digantikan  komponen kecil bernama transistor. Konsumsi daya listrik amat kecil dan bentuknyapun relatif kecil. 
Transistor ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 dan tahun 1950 telah meluncurkan revolusi  elektronika  modern.  IBM  sebagai  perusahaan  pertama  yang  meluncurkan  produk komputer dengan transistor sehingga tetap mendominasi pangsa pasar komputer. NCR dan RCA adalah perusahaan yang mengembangkan komputer berukuran kecil saat itu, kemudian diikuti IBM dengan mengeluarkan seri 7000-nya. 
Dengan adanya transistor membuat hardware komputer saat itu makin cepat prosesnya, Memori makin besar kapasitasnya namun makin kecil bentuknya. Generasi dua ini juga terdapat perubahan perkembangan pada ALU yang makin kompleks, lahirnya bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun tersedianya software sistem operasi.
        Generasi kedua juga ditandai munculnya Digital Equipment Corporation (DEC) tahun 1957 dan meluncurkan komputer pertamanya, yaitu PDP 1. Komputer ini sangat penting bagi perkembangan komputer generasi ketiga

c. Generasi Ketiga: Integrated Circuits (1965 - 1980)                                                                       

Pada tahun  1958 terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya integrated circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen  - komponen elektronika dalam suatu paket. Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori makin besar dan bentuknya semakin kecil. IBM System/360 Tahun 1964 dikeluarkan IBM System/360 yang telah menggunakan teknologi IC. Dalam satu dekade IBM menguasai 70% pasaran komputer. Sistem  360 merupakan kelompok komputer pertama yang terencana. Banyak model dalam arsitektur 360 ini dan saling kompatibel. Hal ini sangat menguntungkan konsumen, karena konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan maupun harganya. Pengembangan (upgrading) dimungkinkan dalam komputer ini. Karakteristik komputer kelompok ini adalah : Set  Instruksi  Mirip  atau  Identik,  dalam  kelompok  komputer  ini  berbagai  model  yang dikeluarkan menggunakan set instruksi yang sama sehingga mendukung kompabilitas sistem maupun perangkat kerasnya. Sistem Operasi Mirip atau Identik, ini merupakan feature yang menguntungkan konsumen sehingga apabila kebutuhan menuntut penggantian komputer tidak kesulitan dalam sistem operasinya karena sama. Kecepatan yang meningkat, model  - model yang ditawarkan mulai dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi untuk penggunaan yang dapat disesuaikan konsumen sendiri. Ukuran Memori yang lebih besar, semakin tinggi modelnya akan diperoleh semakin besar memori yang digunakan. Harga yang meningkat, semakin tinggi modelnya maka harganya semakin mahal.   

d.  Generasi Keempat : Very Large Scale Integration (1980 - ????)


Era keempat perkembangan genarasi komputer ditandai adanya VLSI. Paket VLSI dapat menampung 10.000 komponen lebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100juta operasi  per  detiknya.
Masa - masa ini diawali peluncuran mikroprosesor Intel seri 4004. Mikroprosesor 4004 dapat menambahkan dua bilangan 4 bit dan hanya dapat mengalikan dengan cara pengulangan penambahan.  Memang  masih  primitif,  namun  mikroprosesor  ini  tonggak  perkembangan mikroprosesor -  mikroprosesor  canggih  saat  ini.  Tidak  ada  ukuran  pasti  dalam  melihat mikroprosesor, namun ukuran terbaik adalah lebar bus data : jumlah bit data yang dapat dikirim -diterima mikroprosesor. Ukuran lain adalah jumlah bit dalam register.
Tahun 1972 diperkenalkan dengan mikroprosesor 8008 yang merupakan mikroprosesor 8 bit.  Mikroprosesor  ini  lebih  kompleks  instruksinya  tetapi  lebih  cepat  prosesnya  dari pendahulunya. Kemudian Bells dan HP menciptakan mikroprosesor 32 bit pada 1981, sedangkan Intel baru mengeluarkan tahun 1985 dengan mikroprosesor 80386.
 

C. Konsep atau Gambaran dari Struktur dan Keorganisasian pada Komputer

D. Fungsi Komputer
     Ada 4 Fungsi Utama Komputer yaitu :
  1. Fungsi Pengolahan Data (Data Processing)
         Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untu mengolah data yang telah kita
         buat dan akan diproses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program yang kita 
         buat komputer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat.
         Contoh : Updating bank statement.
      
       2. Fungsi Penyimpanan Data ( Data Storage) 
           Komputer sebagai alat untuk penyimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang 
           telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat.
           Contoh : Download dari Internet 

        3. Fungsi Pemindahan Data (Data Movement)
           
           Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan data yang 
           telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat dengan cara
           mengcopy paste file yang telah kita buat.
           Contoh : dari keyboard ke layar monitor.

        4. Fungsi Kendali (Control)
           Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat
           maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat.
           Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain-lain.

E. Komponen-Komponen Komputer
     Ada 6 Komponen Utama Komputer yaitu :
    1. Motherboard
        merupakan komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasang komponen
        -komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk dan
         lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-
         komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap
         motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing,spesifikasi seperti processor apa
         yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang  didukung oleh
         motherboard tersebut. 

    2. Processor

        Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer
        yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan.
        Sebelum membeli sebuah processor kita harus mencari tahu terlebih dahulu socket
        processor apa yang dimiliki oleh motherboard kita, apakah socket AM2, socket LGA,dll

    3. RAM (Random Access Memory)

        yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara
        dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses 
        secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kita harus mencari tahu
        dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kita, apakah SDRAM,DDR2,dll

    4. Hardware 

        Hardware atau biasa disebut dengan perangkat keras dalam sistem komputer yang 
        merupakan komponen yang difungsikan.
        Contoh : Keyboard, Mouse, CPU, Monitor, Printer,dll

   5. Software

       Software atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi instruksi -instruksi
       (perintah) yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer yang terdiri dari 
       jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya 
       software.
       Contoh : Sistem Operasi, Aplikasi     

   6. Brainware 
       Brainware yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer karena
       secanggih apapun komputer jika tidak ada orang yang mengoperasikannya maka 
       komputer tersebut tidak tidak dapat digunakan.
       Contoh : Sistem Analisa, Operator dan Programmer.


Referensi :

https://www.google.com/search?q=organisasi+dan+arsitektur+komputer&biw=1366&bih=698&source=lnms&sa=X&ved=0CAUQ_AUoAGoVChMIjPrWg_WIyQIV4uSmCh2Uqg-Y&dpr=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game Based Learning (Pembelajaran Berbasis Game)

Algoritma dan Flowchart Pengurutan Sisipan(Insert Sort) dan Pengurutan Gelembung(Bubble Sort)

STATISTIKA & PROBABILITAS