Algoritma dan Flowchart Pengurutan Sisipan(Insert Sort) dan Pengurutan Gelembung(Bubble Sort)

Pengurutan Sisipan(Insertion Sort)

         ALGORITMA : 

  1. Mulai
  2. Masukkan inputan [A=3] artinya terdapat 3 inputan
  3. Jika A <= 3
  4. Jika YA, maka inputan tersebut yang dinamakan data
  5. Jika TIDAK, maka akan terhenti prosesnya
  6. Temp < data [B] : sebelum pengurutan
  7.  Jika inputan kurang dari ketentuan, maka program akan meminta coding B : B -1
  8. Data [B+1] = temp : sudah diurutkan
  9. Selesai

    FLOWCHART :

      

    Pengurutan Gelembung(Bubble Sort)

    ALGORITMA :

    1. Tentukan jumlah bilangan yang akan diinputkan
    2. Inputkan bilangan [5,7,2,4]
    3. Bandingan bilangan ke-1 > atau < bilangan ke-2
    4. Jika BENAR pindahkan bilangan ke-2 ke  bilangan sisip
    5. Pindahkan bilangan ke-1 ke bilangan ke-2
    6. Pindahkan bilangan sisip ke bilangan ke-1
    7. Jika TIDAK, proses dilanjutkan
    8. Bandingkan bilangan ke-2 > atau < bilangan ke-3
    9. Jika BENAR, pindahkan bilangan ke-3 ke bilangan sisip
    10. Pindahkan bilangan ke-2 ke bilangan ke-3
    11. Pindahkan bilangan sisip ke bilangan ke-2
    12. Jika TIDAK, proses dilanjutkan
    13. Ulangi langkah nomor 3 sampai hasil sesuai yang diinginkan

    FLOWCHART :


     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game Based Learning (Pembelajaran Berbasis Game)

STATISTIKA & PROBABILITAS