Algoritma dan Flowchart Pengurutan Sisipan(Insert Sort) dan Pengurutan Gelembung(Bubble Sort)
Pengurutan Sisipan(Insertion Sort)
ALGORITMA :
- Mulai
- Masukkan inputan [A=3] artinya terdapat 3 inputan
- Jika A <= 3
- Jika YA, maka inputan tersebut yang dinamakan data
- Jika TIDAK, maka akan terhenti prosesnya
- Temp < data [B] : sebelum pengurutan
- Jika inputan kurang dari ketentuan, maka program akan meminta coding B : B -1
- Data [B+1] = temp : sudah diurutkan
- Selesai
FLOWCHART :
Pengurutan Gelembung(Bubble Sort)
ALGORITMA :
- Tentukan jumlah bilangan yang akan diinputkan
- Inputkan bilangan [5,7,2,4]
- Bandingan bilangan ke-1 > atau < bilangan ke-2
- Jika BENAR pindahkan bilangan ke-2 ke bilangan sisip
- Pindahkan bilangan ke-1 ke bilangan ke-2
- Pindahkan bilangan sisip ke bilangan ke-1
- Jika TIDAK, proses dilanjutkan
- Bandingkan bilangan ke-2 > atau < bilangan ke-3
- Jika BENAR, pindahkan bilangan ke-3 ke bilangan sisip
- Pindahkan bilangan ke-2 ke bilangan ke-3
- Pindahkan bilangan sisip ke bilangan ke-2
- Jika TIDAK, proses dilanjutkan
- Ulangi langkah nomor 3 sampai hasil sesuai yang diinginkan
FLOWCHART :
Komentar
Posting Komentar