GAMIFICATION
.Gamifikasi adalah penerapan teknik dan strategi dari sebuah permainan ke dalam konteks nonpermainan untuk menyelesaikan suatu masalah. metode ini bekerja dengan cara membuat materi atau teknologi menjadi lebih menarik dengan mendorong pengguna untuk ikut terlibat dalam perilaku yang diinginkan. tujuannya yaitu untuk meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi audiens.
Gamifikasi menerapkan konsep desain game terhadap materi pembelajaran. Karakteristik model ini yaitu adanya tantangan, kepuasan, penghargaan, dan ketergantungan.
Kelebihan dana kekurangan Gamifikasi :
1. Kelebihan
- model pembelajaran gamifikasi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan model pembelajaran lainnya.
- belajar jadi menyenangkan.
- mendorong siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajarannya.
- membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yang sedang dipelajari.
- memeberi kesempatan siswa untuk berkompetisi, bereksplorasi dan berprestasi dalam kelas.
2. Kekurangan
- Dapat diprediksi membosankan
- menjadi tidak bermakna, jika tujuan pembelajaran tidak tergambarkan dengan baik atau tidak tercapai.
- Merusak "secara psikologis"
Umumnya, gamifikasi mengadopsi salah satu atau beberapa game mechanics yang telah ada, seperti :
1. Badges,
Dengan adanya badges karyawan akan merasa mendapatkan suatu penghargaan atas apa yang telah dilakukan. hal ini serupa dengan selayaknya kompensasi yang ia dapat atas pekerjaan yang dilakuka selama 1 bulan waktu kerja. karena itulah harus adanya suatu penghargaan agar karyawan merasa dihargai atas apa yang telah dilakukan untuk perusahaan
2.Leaderboards,
Menampilkan hasil pencapaian dari seluruh karyawan antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya dengan urutan ranking tertinggi dan terendah. Leaderboards sendiri dapat memacu kompetisi yang positif antar karyawan apabila diterapkan.
3. Quest,
Selain sebagai arahan atas apa yang harus dilakukan karyawan dalam training nantinya, quest juga dapat digunakan oleh pihak HRD sebagai tolak ukur performansi dari karyawan saat training. Berapa banyak quest yang dapat diselesaikan dan juga sejauh mana keberhasilannya saat menjalankan hal tersebut.
Gamifikasi menerapkan konsep desain game terhadap materi pembelajaran. Karakteristik model ini yaitu adanya tantangan, kepuasan, penghargaan, dan ketergantungan.
Kelebihan dana kekurangan Gamifikasi :
1. Kelebihan
- model pembelajaran gamifikasi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan model pembelajaran lainnya.
- belajar jadi menyenangkan.
- mendorong siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajarannya.
- membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yang sedang dipelajari.
- memeberi kesempatan siswa untuk berkompetisi, bereksplorasi dan berprestasi dalam kelas.
2. Kekurangan
- Dapat diprediksi membosankan
- menjadi tidak bermakna, jika tujuan pembelajaran tidak tergambarkan dengan baik atau tidak tercapai.
- Merusak "secara psikologis"
Umumnya, gamifikasi mengadopsi salah satu atau beberapa game mechanics yang telah ada, seperti :
1. Badges,
Dengan adanya badges karyawan akan merasa mendapatkan suatu penghargaan atas apa yang telah dilakukan. hal ini serupa dengan selayaknya kompensasi yang ia dapat atas pekerjaan yang dilakuka selama 1 bulan waktu kerja. karena itulah harus adanya suatu penghargaan agar karyawan merasa dihargai atas apa yang telah dilakukan untuk perusahaan
2.Leaderboards,
Menampilkan hasil pencapaian dari seluruh karyawan antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya dengan urutan ranking tertinggi dan terendah. Leaderboards sendiri dapat memacu kompetisi yang positif antar karyawan apabila diterapkan.
3. Quest,
Selain sebagai arahan atas apa yang harus dilakukan karyawan dalam training nantinya, quest juga dapat digunakan oleh pihak HRD sebagai tolak ukur performansi dari karyawan saat training. Berapa banyak quest yang dapat diselesaikan dan juga sejauh mana keberhasilannya saat menjalankan hal tersebut.
Komentar
Posting Komentar